Minggu, 15 Juni 2008

Nenek Kartini (3) "Rumah Sudah Rampung"




Siang ini, saya kembali menjenguk ke rumah si Mbah Kartini....rumah sudah rampung... hanya tinggal sedikit pekerjaan memasang engsel jendela kamar saja....jadi siMbah sudah bisa menempati 'rumah' barunya ...:)) Syukur kepada Allah.....sekarangbeliau lagi mencari hari dan waktu yang baik untuk pindah :)) katanya sih kalo nggakmalam ini ... ya besok pagi beliau akan pindah ke 'rumah' barunya...:))Hari ini (maaf...) saya membuat nenek menangis.....tapi sungguh, saya nggak sengajaloh....selesai menjenguk rumah nenek, membayar tukang dll...saya masuk kedalam ke'gubuk' anaknya yang perempuan tempat beliau 'menumpang' selama 'gubuk'nyadibangun....hari itu...memang saya banyak diam....karena lagi mikirin nanti si Mbahkalo udah balik ke 'gubuk'nya sendiri .... dia mau ngerjain apa? saya memang inginmemberi beliau pekerjaan sederhana untuk mengisi hari2 tuanya....seperti menanamtanam2an obat di pot2 didepan 'gubuk'nya dan setelah beberapa waktu mungkin bisadi'panen' dan di'olah' sedemikian rupa sehingga dapat dijual dan memberi sedikitpenghasilan buat beliau....tapi yah...itu masih sekedar angan2.....karena saya tidaktau banyak tentang tanaman2 obat ini....disaat saya sedang 'bengong' mikirinitu....tiba2 si Mbah menepuk kaki saya...."Neng....jangan marah ya...si Neng lagi marah ya sama saya?"...loh??...."Nggak, kenapa si Mbah mikir begitu?"....terus si Mbah mulai nangis....(wah...kenapa nih??)...."Maaf ya kalo saya punyasalah....tolong dimaapin, soalnya kemarin Neng kesini tapi nggak mau nemuinsaya....yah mungkin si Neng marah sama saya karena kemarin saya sempat ngomong kalogubuk anak saya ini juga udah mau rubuh (memang gubuk anaknya yang perempuan inisudah miring dan hampir rubuh..)....saya minta maaf..."...ooooo ....sambil tersenyum dan memegang tangannya saya bilang "Nggak usah mintamaaf....si Mbah nggak punya salah sama saya.....saya kemarin kesini tidak menemui siMbah, karena katanya si Mbah lagi tidur dan lagian saya datang mengantarkan kasurdan closet pake mobil teman saya....jadi saya harus buru2 pulang karena mobilnya maudipakai....:)) bukan karena marah sama si Mbah..:))"...."Iya saya jadi sedih, kirain saya punya salah jadi si Neng nggak mau ketemu samasaya lagi.....saya udah berterima kasih sekali, si Neng dan teman2 mau membuatkan'rumah' baru buat saya....saya nggak minta apa2 (...katanya terisak sambil mengusapair matanya pake kain kebayanya..)....pokoknya 'rumah' itu sampe kapanpun adalahrumahnya si Neng dan teman2....silahkan datang kapanpun si Neng dan teman2 mau..maungineppun juga boleh :) , saya dijengukpun sudah sangat berterima kasih....si Nengkalo datang juga nggak usah bawa apa2...saya nggak minta apa2.....dijenguksesekalipun... saya udah sangat berterima kasih ...., si Neng jangan marah sama sayaya....maklum udah tua kali ya...jadi suka mikir macem2"....hehehe (dalam hati)..."Iya, nggak papa ... udah jangan dipikirin...yang pentingnanti si Mbah dirumah baru...belajar berjalan dikit2 ya.....nanti saya usahain susuuntuk si Mbah setiap bulan supaya kakinya tambah kuat (timpal saya....dalam hatisaya juga bingung darimana uangnya? kan susu untuk orang tua tidak murah dan saatini ada sekitar beberapa orang tua lain yang membutuhkan itu ....)"Dalam perjalanan pulang, seorang Ibu tetangga si nenek yang membantu saya mengurusrumah nenek menegur saya "Tadi si Mbah diapain sama Mbak sampe nangis begitu?"katanya sambil tersenyum...yah sayapun hanya tersenyum.....'yah ketidakhadiran'seorang asing' seperti saya....untuk hanya sekedar menyapa seorang nenek tua...ternyata telah melukai hatinya, perbuatan 'kecil' ini ternyata begitu berhargabaginya' :)....hari ini saya pulang dengan bahagia, karena 'gubuk' itu telah membawa'kebahagiaan' bagi banyak orang, keluarga ini dan kita semua :)).Syukur kepada Allah Bapa yang MahaKuasa atas penyelenggaraan IllahiNya yang telahmenyatukan pribadi2 'istimewa' didalam 'karya' kecil ini dengan hati yang 'besar'.Terima kasih atas segala bantuan, dukungan dan partisipasi para pribadi2 'istimewa' yang terlibat dalam karya ini......sehingga terwujudlah sebuah 'rumah' sederhanabagi nenek Kartini.....Gubuk ini memang hanyalah sebuah rumah sederhana yang akan lapuk oleh waktu.....tapi'cinta dan kepedulian' yang tertanam didalam hati mereka (nenek ini, keluarganya dansemua pribadi yang terlibat didalamnya) dan juga didalam hati kita akan adaselamanya .....Salam dalam cinta dan kebersamaan bergandeng tangan mewujudkan rumah nenek Kartinibersama Allah.

Vico Yashinta